BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa:
1. Peranan kemampuan membaca terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas VI SDN TAMUKU tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari hasil observasi belajar siswa yang menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa.
2. Peranan kemampuan membaca terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN TAMUKU tahun ajaran 2013/2014 Hal ini terlihat dari hasil evaluasi belajar siswa.
3. Materi dan tujuan instruksional umum dapat disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik siswa.
4. Umpan balik lebih konsisten dengan kebutuhan.
5.2 Saran-Saran
Besdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan maka penulis mengajukkan beberapa saran, antara lain :
1. Bagi siswa diharapkan membiasakan diri untuk menanyakan materi yang dianggap sulit dan belum dimengerti serta tanpa ragu menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari guru maupun teman-temannya.
2. Kepada Pihak Pengajar Hendaknya mempertimbangkan Pengaruh kemampuam membaca terhadap kemampuan brbicara sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa nantinya.
3. Diharapkan kepada guru agar memperhatikan karakteristik anak didiknya dan memperlakukan sesuai karakteristiknya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
4. Pada poengajaran mata pelajaran bahasa indonesia, khususnya penerapan kemampuan membaca terhadap kemampuan berbicara sebaiknya para guru menggunakan secara terus menerus.
5. Penerapan kemampuan membaca terhadap kemampuan berbicara perlu di lakukan terus menerus dan lebih diprioritaskan pada mata pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar ini ataupun di sekolah-sekolah lain. Hal ini di maksudkan agar siswa terlatih untuk berbicara dan menemukan pengetahuan mereka sendiri, bisa membaca, bisa menyampaikan kembali isi bacaan, kesesuaian waktu, ketepata dengan topik. Siswa bukan hanya sekedar mendengar dan mencatat saja.
6. Bagi peneliti untuk kedepannya diharapkan dapat lebih profesional dalam menerapkan pembelajaran individual.
7.penulis berharap ada penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan penelitian kami.
5.3 PENUTUP
Sebagai penutup dalam tugas skripsi kami, yang kami susun dalam penelitian ini kami berharap skripsi ini dapat menjadi pegangan atau pedoman dari penelitian kami di sekolah dasar sdn 193 tamuku yang mendapatkan hasil penelitian yang sangat memprihatinkan bagi generasi anak anak bangsa, yang berkaitan dengan kemampuan berbicara.
Dalam penelitian ini kami tidak lupa ucapkan syukur dan terima kasih pada ibu guru SDN tamuku yang memmbantu kami untuk menyelesaikan tugas kami,serta seluruh siswa kelas enam sd yang telah,meluangkan waktunya untuk menjadi sampel dalam penelitian kami.
Sekali lagi kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang terlibat dalam penelitian ini kurang dan lebihnya mohon di maafkan, wabillahi waltaufik walhidayat wassalamu alaikum wr,wb.
Pembimbing mata pelajaran Bone-Bone,..../........../2013
Hastuti Penulis
Cici mahmud
(ketua kelompok)
TUGAS SKRIPSI
DI SUSUN OLEH:
KETUA : cici mahmud
ANGGOTA:
• Sidratul muntaha
• Afna dwiyanti
• mutmainnah
• Siti rahmadiah
• Muh.irsan
• Yunita
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan yang bergaris bawah
1. Klik Link/ Tulisan yang bergaris bawah
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly
3. Klik pojok kanan atas SKIP AD.
4. Kini anda bisa Download Gratis
3. Klik pojok kanan atas SKIP AD.
4. Kini anda bisa Download Gratis
0 komentar:
Post a Comment