Tuesday, 9 July 2013

Kelembagaan Layanan Publik

Dalam konteks pelayanan publik dapat dipetakan paling tidak tiga pelaku sebagai berikut:
  1. Penetapan kebijakan dalam layanan publik,
  2. Penyedia/ pelaksana layanan publik,
  3. Penerima layanan publik.
Di negara-negara yang mana pemerintah sangat dominan, sering kali pemerintah mendominasi sebagai pelaku pertama sekaligus pelaku kedua, sedangkan penerima layanan publik adalah masyarakat. Dalam perkembangannya, penyedia/pelaksana layanan publik tidak harus pemerintah karena sudah banyak terjadi contoh swastanisasi layanan publik. Pihak swasta telah masuk dalam relasi layanan publik, sehingga sekarang dalam konteks layanan publik terdapat tiga pihak yang saling berinteraksi. Dalam proses layanan publik masing-masing pihak memegang fungsi dan peran yang berbeda tetapi saling berinteraksi dalam lingkaran proses layanan publik. Banyak model yang dicoba untuk dikembangkan berkaitan dengan penyediaan layanan publik. Berkaitan dengan layanan publik di tingkat lokal, Leach mengatakan bahwa eksistensi pemerintah lokal adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menggunakan jalur atau mekanisme apapun yang paling memadai, apakah melalui pemerintahan lokal langsung, sektor swasta maupun masyarakat. 
  
atau 
Categories:

0 komentar:

Post a Comment